Install Cairo Dock Di Linux

Advertisemen 300x250



Cairo-dock adalah sebuah aplikasi desktop enhancement yang berfungsi memberikan tampilan dan sekaligus fungsi launcher/dock pada layar desktop.
 
Paling banyak digunakan di kalangan pengguna OS Linux, bahkan telah dijadikan sebagai fitur standar oleh beberapa distro Linux. Sekalipun dikelompokkan sebagai dekstop enhancement, tetapi dapat pula secara efektif untuk menunjang produktivitas.

untuk cara installasinya sendiri itu sangat mudah anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet untuk installasinya, berikut perintah-perintah yang harus di ketikan.silahkan buka terminal kemudian ketikan perintah berikut.
  • sudo add-apt-repository ppa:cairo-dock-team/ppa
    sudo apt-get update
Jika sudah silahkan ketikan perintah berikut untuk installasinya.
  • sudo apt-get install cairo-dock cairo-dock-plug-ins
Perintah instalasi di atas sekaligus akan menyertakan pula instalasi keseluruhan plugins ke dalam Cairo-dock. Untuk mengaksesnya dapat dilakukan melalui Unity Dash (Ubuntu). Nanti akan muncul dua pilihan, yaitu with OpenGL dan without OpenGL. Untuk membuka kotak dialog pengaturan dapat dilakukan dengan mengarahkan kursor pada launcher dock, kemudian klik kanan, lalu soroti tulisan [Cairo-Dock], pilih [Configure] .


Beberapa komponen yang ada pada cairo dock:

Main Dock :

Docking bar yang berisikan launcher, shortcut, menu, applet, dan lain sebagainya. Pada kondisi default ditempatkan di bagian bawah. Penempatannya bisa berada pada sisi bawah (bottom side), sisi kanan (right side), sisi kiri (left side), ataupun sisi atas (top side). Setiap sisi dekstop hanya bisa ditempatkan satu main dock.

Sub Dock :

Adalah launcher dock yang berisikan lebih dari satu application launcher yang ditempatkan pada main dock. Untuk alasan menghemat tempat bisa dibuatkan sub dock yang nantinya diisi dengan application launcher. Misalnya sub dock dengan nama Office yang berisikan seluruh aplikasi perkantoran seperti Writer, Calc, Impress, Base, Calculator, dan lain sebagainya.

Plugin Applet (Add-ons) :

Adalah fitur tambahan yang disematkan dalam Cairo-dock yang berfungsi sebagai shortcut dan enhancement applet. Beberapa di antara plugin applet seperti:
Application menu
Clipboard history
Clock
Drop to share
Folder
MusicPlayer applet
Logout applet
Mail applet
Weather applet
Workspace switcher applet
dan lain sebagainya.

Untuk melihat kelengkapan plugin applet bisa dilihat pada pengaturan Cairo-dock untuk pengaturan add-ons.

Separators :

Adalah garis pembatas yang membatasi ruang di antara object launcher. Separators bisa ditambahkan secara manual.

Active Indicators :

Adalah ruang untuk menampilkan aplikasi yang aktif pada layar desktop. Ada dua bentuk active indicators, yaitu berupa penanda yang ditempatkan di bawah icon launcher atau dengan menambahkan icon launcher yang menandakan aplikasi yang tengah aktif.

Widget :

Cairo-dock menyediakan fitur tambahan berupa widget yang ditampilkan terpisah dari docking launcher pada layar desktop. Widget tersebut disediakan untuk menjadi akses alternatif dari plugin (add-ons) launcher.

Theme :
 
Adalah tema yang menjadi karakter dan corak dock launcher maupun icon laucher. Pada kondisi default, Cairo-dock hanya menyediakan dua buah tema, yaitu default-panel single (bottom) dan default-panel (top and bottom).
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments