Tips Dan Penjelasan Internal Linking

Advertisemen 300x250
Internal link adalah hyperlink yang merujuk dari satu halaman ke halaman lain dalam domain atau situs yang sama. Link internal itu umumnya sih digunakan sebagai navigasi untuk menuju halaman lain. Sebagai contoh di header di sidebar atau di footer biasanya terdapat menu kategori arsip artikel terbaru populer dan lain sebagainya.

Dan itu merupakan internal link yang artinya jika diklik masih tetap menuju ke dalam blog tersebut meskipun terkadang dibuat membuka jendela baru. Selain sebagai menu tidak kalah penting adalah menempatkan internal link di dalam artikel. Keberadaan hyperlink di dalam artikel yang merujuk ke artikel lain dalam satu blog memiliki nilai yang cukup signifikan sebagai salah satu strategi seo.

Ya katakanlah saat membuat posting artikel baru tentang Membuat Title Otomatis Pada Widget Label Blogger jika pembahasan artikel tersebut memiliki hubungan dengan artikel yang telah ada maka kita dapat menghubungkan artikel baru tersebut dengan menggunakan link ke artikel terdahulu yang membahas seputar Search Engine Optimization juga.Lalu apa sih manfaat dan keuntungan dari internal link tersebut berikut penjelasannya .

Manfaat Internal Link Untuk SEO :

1 . Internal Link Lebih User Friendly :

Internal link membantu pengunjung agar lebih mudah menavigasi atau memandu dalam menelusuri isi situs lewat menu menu yang ada. Selain itu dengan menggunakan teks jangkar yang tepat pada artikel pengunjung dapat diarahkan ke halaman lain yang relevan dengan halaman yang sedang dibaca.Jika kita sedang menulis artikel tentang uang dan kita bisa arahkan pengunjung ke artikel lain kategori maupun tag yang masih berhubungan dengan uang dengan menggunakan link internal.

2 . Internal Link Baik Sebagai Link Juice :

Internal link dan eksternal link atau backlink sama sama penting dalam seo.Apabila kita berusaha mencari eksternal link atau backlink yang merupakan seo offpage maka internal link membantu dalam melewati link juice atau perpindahan link ke halaman lain dalam situs kita. Umpamanya katakanlah halaman ini memiliki 100 backlink halaman lain juga akan mendapatkan beberapa link juice melalui internal link.

3 . Internal Link Meningkatkan Tampilan Halaman :

Seperti sudah disebutkan di atas penggunaan teks jangkar yang tepat dapat membantu pengunjung untuk menemukan konten yang relevan dan mungkin berguna terkait dengan artikel yang dibaca. Dengan demikian hal ini membantu dalam meningkatkan tingkat konversi Website. Pengunjung baru merasa terbantu dan dapat dengan mudah mengetahui struktur situs dengan link-link yang ada.Lebih- lebih jika pengunjung mengikuti link tersebut yang dapat meningkatkan tampilan halaman serta dapat meningkatkan peringkat blog.

4 . Internal Link Membantu Dalam Meningkatkan Popular Website.
Meskipun sudah tidak dipublikasikan untuk umum namun Google tetap memberikan nilai plus untuk halaman berdasarkan kualitas backlink Sebuah halaman dengan nilai tinggi akan melewati link juice ke halaman lain yang terkait secara internal. Halaman lain juga akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine karena aliran link dari halaman yang memiliki nilai tinggi. Dengan demikian situs akan terbantu untuk mendapatkan lalu lintas pencarian organik.

5. Internal Link Mengurangi Tingkat Bouncing :

Persentase pengunjung ke situs yang cuma sebentar dan hanya melihat satu halaman saja serta meninggalkan situs menyebabkan tingkat bouncing pentalan menjadi tinggi. Nah jika artikel terhubung ke artikel lain yang terkait maka kemungkinan pengunjung akan berada lebih lama di situs yang pada gilirannya akan membuat tingkat bouncing lebih rendah.

6.  Internal Link Membuat Bot Mesin Pencari Merayapi Lebih Baik Dalam Index :
Crawler atau bot mesin pencari saat ini lebih pintar dan dirancang dengan mengikuti pola pikir pengunjung situs. Untuk itu crawler akan mengunjungi situs dan melewati semua link dan halaman dengan mudah untuk melakukan peng-index an. Dengan menghubungkan secara internal lewat link bot tahu bahwa ada penunjuk ke konten lain yang terkait di situs yang memberikan internal link ke halaman lain atau Website .

Semoga artikel ini membantu memahami manfaat internal link sebagai salah satu strategi SEO. Bangun internal link segera dan ingat buatlah hanya untuk artikel dengan topik yang sama dengan menggunakan teks jangkar yang tepat. Dan yang terpenting buat artikel yang menarik dan bermanfaat .
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments