Kupas Tuntas Tentang Chord Gitar

Advertisemen 300x250


Berapa banyak chord gitar yang harus kita pelajari ? berapa banyak chord mayor ? berapa banyak chord minor ? . pada kesempatan kalai ini saya diberi kesempatan untuk membahas mengenai Kupas Tuntas Chord Gitar .

Teori sangat diperlukan akan tetapi praktek lebih sangat diperlukan dibandingkan teori jadi jangan harap bisa mengikuti pembelajaran gitar jika belum memegang gitar .

Gambar Chord gitar

Dalam mempelajari chord gitar bukan hal yang instan semua perlu proses . semua perlu langkah  , dan semua perlu tujuan . sebleum anda mengupas tuntas chord gitar .

Dalam pembelajaran chord gitar terdapat banyak chord yang harus dipelajari walaupun sebenarnya chord chord itu bukan hanya untuk gitar , bisa kita praktekan ke alat musik lain yang mempunyai tangga nada yang sama . apa halnya bila kita tidak mempelajari chord gitar lebih dalam ? jawabanya adalah kita tidak akan maju .

Kita akan selalu memilah dan memilih lagu yang hanya sesuai dengan kemampuan kita . pembelajaran kita tidak akan ter explore apabila kita terus monoton dalam belajar chord gitar .

Mengapa selalu ada orang yang mahir dan lihai dalam mengaransemen musik ? itu karena orang terseabut rajin mengexplore lagu . mualai dari lagu yang tingkatanya mudah dan lagu yang tingkatanya sulit , maka dari kita harus Mengupas tuntas pembelajaran chord gitar .

Sehingga pengetahuan kita dalam bermusik tidak akan monoton dalam sebuah lagu .
Apa saja yang harus kita perhatikan dalam mengupas tuntas chord gitar ? . banyak hal hal yang sebearnya harus di lalui dalam belajar chord gitar .

Boleh karena itu kami merangkum sebuah wacanan untuk mengupas tuntas pembelajaran kunci gitar .

Beberapa hal yang perlu di ketahui dan perlu pengaplikasian adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Tips Pemebelajaran gitar :
 
Mengapa harus melakukan tips terlebih dahulu ? . kebanyakan dari seorang pemula yang ingin mempelajari gitar adalah salah dalam langkah awal . oleh karena itu perlu kita ketahui tips dalam pembelajaran gitar agar kita tidak salah langkah dalam belajar .

2. Mempelajari chord dasar gitar :
Ini adalah langkah dasar juga yang disusun agar kita dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya . karena bila kita tidak mengetahui dan tidak menguasai chord dasar gitar . untuk apa kita mempelajari chord yang lebih sulit , yang dasar pula kita tidak menguasai .

3. Menguasai Dasar C-D-E-F-G-A-B-C :
 
Mengasai susunan dasar ini adalah kunci juga dalam pembelajaran gitar yang lebih dalam , mengapa ? karena di setiap lagu dan disetiap irama akan selalu ada nada yag bisa kita dapatkan feeling nya . seperti lagu lagu pop yang mungkin chord nya lebih mudah ditebak dibanding lagu lagu yang bisa dikatakn jenius atau tingkatanya lebih sulit .

Setelah memperhatikan beberapa point di atas . kita menuju ke point berikutnya yaitu Menguasai chord gantung . menurut pengalaman saya , dalam pembelajaran chord gantung adalah dimana jari kita harus lebih lemas dibanding pembelajaran chord dasar sebelumnya . apabila belum menguasai chord dasar hendaknya kuasai dulu chord dasar baru menginjak ke pada chord gantung . karena yang mahird dalam chord dasar belum tentu lihai juga pada chord gantung gitar .

Chord Gantung gitar :
 
Apa yang dimaksud dengan chord gantung pada gitar ?
Chord / Kunci gantung gitar adalah sebuah chord , dimana kita menekan sebuah titik dalam fret gitar , dan titik itu lebih banyak di banding chord dasar . chord gantung memerlukan 4 jari dalam memainkanya .

Chord gantung digunakan agar menghasilkan suara gitar yang nuansanya lebih beda dari chord dasar .
Dalam pembelajaran chord gantung lain halnya dengan chord dasar , chord dasar biasanya hanya memerlukan 3 jari untuk memainkanya (walaupun ada beberapa yang 4) dan titik yang ditekanya pun tidak rumit sedangkan chord gantung memerlukan 4 jari dan titik tekanya lebih rumit dari chord dasar
Lihat perbedaan titik chord gitar yang di tekan oleh chord dasar dan chord gantung

gambar chord dasar pada titik fret gitar
Chord Dasar


Chord Gantungambar chord gantungg

Terlihat jelas bukan titik yang ditekan chord dasar dan titik yang ditekan pada chord gantung
Untuk Lebih lengkap dalam belajar chord gantung .

 Teknik Dasar Pada Gitar :
 
apa saja teknik dasar pada gitar ?

1.Picking
2.Fingering
3.Pulling
4.Hammer
5.Slide
6.Bending
7.Vibrato
8.Trill
9.Harmonik
10.Tapping

Semoga materi hari ini cukup memuaskan dan semoga cepat lancar dalam pembelajaran gitar dan semoga sukses .
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments