6 Tips mata sehat di depan komputer

Advertisemen 300x250
Seseorang yang bekerja penuh didepan komputer memiliki resiko pada indra penglihatan yaitu pada mata. Apalagi jika anda seorang Desainer, mata akan berkerja lebih keras karena kontras warna. Jika kita tidak bisa mengatur atau menggunakan mata kita ibarat seenaknya bisa berakibat fatal. Bayangkan saja jika kita setiap hari kita hitung minimal 5-6 jam didepan komputer, tentu tidak sehat untuk mata kita.
Tips mata sehat didepan komputer

Apalagi jika ditambah dengan edisi lembur pas DeadLine, jam untuk mata kita akan bertambah.
Mata minus adalah tahap awal dari ketidaknormalan mata kita. Sedikit penjelasan tentang mata minus.
Mata minus atau dalam bahasa medis disebut Miopia (myopia) merupakan gangguan penglihatan yang terjadi akibat terjadinya kesalahan bias umum dari mata yang membuatnya sulit untuk melihat dengan fokus pada objek yang jauh. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami gejala mata minus akan dapat melihat benda atau object dekat dengan jelas, namun pada saat melihat object atau benda yang jaraknya jauh penglihatan menjadi buram atau kabur. (http://halosehat.com/)
Nah, sebelum terlambat kita mencoba menccegah dari hal yang kecil dulu. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dan gejala gejala  dari mata minus mungkin salah satunya ada diantara kita seperti Sakit kepala atau Pusing, Gatal, Sering berkedip, dan hal lainnya. Dibwah ini akan saya bagikan tips untuk para sobat Desainer khususnya, atau bagi anda yang full didepan komputer anda patut dan tidak ada salahnya untuk mencoba.

Tips mata sehat didepan komputer

1. Jaga jarak pandangan

Jaga jarak pandangan
Menurut para peneliti kesehatan jarak yang baik dari mata ke layar komputer adalah 60cm - 70cm. Tentu saja jika kita terlalu dekat maka mata kita akan terasa panas kan? dan jika terlalu jauh mata kita juga akan sakit, ditambah lagi pusing. Maka tips nomor satu ini sangat penting bagi siapapun yang berhadapan dengan komputer.

2. Sesuaikan cahaya sekitar

Sesuaikan cahaya sekitar
Nomer 2 ini juga sangat penting. Jika kita bekerja dalam penerangan yang dikatakan terang kita harus mengurangi kecerahan pada layar komputer, agar mata kita tidak berlebihan menerima cahaya. Kalau anda bekerja di area gelap ini sangat tidak dianjurkan, mengapa? Karena sumber cahaya yang kita dapatkan hanyalah dari cahaya komputer yang ada didepan kita. Sedangkan cahaya dari komputer itu sangat tajam, menyebabkan mata kita tidak bekerja dengan baik. Solusinya sesuaikan cahaya lampu dengan cahaya komputer ya, tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

3. Mata anda butuh kesegaran

Mata anda butuh kesegaran
Segarkanlah mata anda, salah satunya adalah berdiri atau keluar dari tempat kerja dan lihatlah lingkungan sekitar. Dianjurkan untuk melihat pemandangan yang hijau atau minimal melihat dari jarak 20 meter. Untuk tips nomer 3 ini dianjurkan setiap 1 jam/2 jam kita untuk menyegarkan kembali mata anda..

4. Istirahatkan mata

 Istirahatkan mata

Jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk selalu berada didepan komputer, maka jangan lupa untuk selalu memberi mata waktu istirahat selama kurang lebih 5 menit setiap jamnya. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu tidur agar kondisi tubuh tetap sehat. Sering-seringlah mengedipkan mata agar mata tidak cepat terasa nyeri dan sakit.

5. Perbanyak minum vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan seluruh organ didalam tubuh. Salah satunya adalah mata. Agar mata senantiasa dalam kondisi yang sehat, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat gizi lainnya.

6. Sempatkan waktu untuk Olahraga

Sempatkan waktu untuk Olahraga

Sudah banyak orang ketahui Olahraga itu sangat dianjurkan, karena menyehatkan bagi seluruh tubuh. Jadi imbangilah dengan olahraga.

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
 
Semoga bermanfaat .
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments