Membuat Server Hosting Sendiri

Advertisemen 300x250

Bagi kamu yang merasa kurang puas dengan layanan hosting umum berbayar, mungkin karena layanannya kurang bagu atau lambat, tapi kamu punya semangat ingin tahu yang tinggi maka ada baiknya belajar Cara Membuat Server Hosting Sendiri dengan Komputer Rumah. Tidak terlalu sulit untuk melakukannya hanya saja dibutuhkan beberapa langkah untuk bisa sampai pada tujuan akhir anda, tapi selama anda tekun pasti bisa.

Saya yakin Anda semua sudah mengerti apa pengertian hosting sebelum akhirnya menemukan artikel ini. Jadi, hosting itu adalah sebuah perangkat komputer yang menjadi tempat webmaster dalam menyimpan file atau isi websitenya untuk dapat di akses secara luas melalui internet. Dan karena tingginya kebutuhan akan hosting dikarenakan website baru terus bermunculan setiap hari maka penyedia server hosting pun semakin menjamun, namun terkadang banyak juga yang membuat layanannya asal-asalan dan bahkan tak punya dasar untuk itu dan ia pun membuka usaha sejenis yang pada akhirnya merugikan pelanggannya sendiri. Nah berawal dari sinilah kemudian banyak yang berpikir kenapa tidak membuat server hosting sendiri yang pengelolaannya bisa dikontrol dari rumah?
 

Syarat-Syarat Membuat Server Hosting Sendiri

Semua hal pasti ada syaratnya agar dapat berjalan sesuai yang diinginkan, termasuk dalam pembuatan hosting ini, anda pun harus bisa memenuhinya dan barulah dapat memulainya :
  1. Komputer dengan spek Pentium 4 atau yang lebih seperti dual core dan seterusnya dengan OS XP atau yang lebih tinggi.
  2. Speedy Internet yang unlimited, bagus lagi kalau pilih yang paket keluarga.
  3. Download terlebh dahulu APPSERVER Disini
  4. Tempatkan lokasi install filenya di C:\AppServ

Langkah Membuat Server Hosting Sendiri

Sekarang kita sudah masuk ke prosesnya dan yang harus anda lakukan adalah melakukan beberapa tahapan di bawah ini :

1. Ketahui no IP Addressmu

(Caranya di tombol Start di pojok kiri bawah klik lalu buka Run ? cmd dan ketik IPCONFIG /ALL) Jika sudah ketemu dan agar tidak lupa catat di selembaran kertas.

2. Selanjutnya setting pada modemmu dengan TP LINK biar bisa dibuka HTTP
  • Buka dulu browsermu, bagusnya pake firefox.
  • Kunjungi alamat ini : http://192.168.1.1/
  • Masuk dengan account dan PW dari modem speedymu, tapi kalau tidak tahu atau mungkin lupa maka bertanyalah pada orang yang pasang speedymu sebelumnya.

4. Lalu pilih Menu Advanced Setup ? NAT

5. Kalau awalnya muncul PVC0 dan NAT Status : Deactive, maka cukup ganti dengan PVC1 . Jika PVC1 ini ternyata statusnya juga Deactive, maka coba tekan menu Interface Setup , kemudian pilih PVC1, lalu pilih option Activated . Kembali ke Advanced Setup ? NAT ? PVC1

6. Tekan Virtual Server

7. Selanjutnya, Setting dengan data sesuai ini : Rule Index : 1 dan Aplication : HTTP_Server , kemudian untuk Protocol : ALL serta Start Port Number : 80 dan End Port Number : 80 sedang Local IP Address : gunakan yang kamu catat sebelumnya.

8. Terakhir tinggal Save aja.

3 . Bikin Virtual-Host via AppServ (Apache)

1. Buka dulu di folder c:\AppServ

2. Open folder bernama Apache

3. Lalu pada Folder Conf

4. open file httpd.conf dengan menggunakan wordpad

5. Input script dibawah ini pada baris akhir dari isi file yang sudah ada :

 # Virtual hosts
Include conf/httpd-vhosts.conf


6. Bikin file httpd-vhosts.conf  disebelah data httpd.conf , dan imput ladi dengan kode script berikut ini:

NameVirtualHost 192.168.1.3:80
<VirtualHost 192.168.1.3:80>
    ServerAdmin webmaster@softkid.servemp3.com
    DocumentRoot C:\AppServ\www\~virtual\~server\public_html
    ServerName softkid.servemp3.com
    ErrorLog logs/softkid.servemp3.com-error_log
    CustomLog logs/softkid.servemp3.com-access_log common
</VirtualHost>


Ket : Jangan lupa Ganti teks tulisan yang berwarna merah dengan IP Adress sesuai Komputermu.

7. Nah, selanjutnya buka folder bernama C:\Appserv\www

8. Buat folder secara bertingkat lokasinya , yakni bikin folder ~virtual dulu, kemudian buka folder tersebut lalu bikin folder ~server , nah selanjutnya buka lagi folder tersebut dan bikin lagi folder bernama public_html (sehingga struktur foldernya akan terlihat seperti ini :C:\AppServ\www\~virtual\~server\public_html

9. Sekarang tinggal kamu lakukan Restart pada Apache server (temukan di menu start, cari folder  ini : AppServ ? Control By Service ? Apache Restart )

10. Terakhir tinggal cek aja dengan Buka kembali Browser, dan masukkan alamat dari IP address yang kamu catat dari komputermu. Jika hasilnya ada tulisan Index of/’ maka itu tandanya sudah jadi dan dapat dibuka lewat internet secara umum.


Server Hosting Sendiri

1.  Daftarkan nomor ip ke domain name yang kamu punya di https://www.no-ip.com (kamu sekaligus bisa daftar domain di sana kalau mau lebih simple kerjanya dan baru kemudian arahkan nameservernya ke server kamu, oke)

Cara di atas memang tidak mudah, makanya saya juga rekomendasikan baiknya pakai server hosting dari perusahaan orang yang mana kita tinggal bayar dan perawatannya kita serahkan semua sama mereka, ini disebut juga VPS (Virtual Private Server).
Tidak terlalu sulit kan kalau mau belajar Cara Membuat Server Hosting Sendiri dengan Komputer Rumah.

Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Kalian.
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments