Apakah Penting Artikel Untuk SEO ?

Advertisemen 300x250
Pentingkah Artikel Untuk SEO? 
 
Sekarang ini SEO (Search Engine Optimization) bukan menjadi hal yang baru dalam dunia internet, terlebih bagi para pelaku bisnis. Dengan SEO kita dapat memaksimalkan pendapatan bisnis kita karena website kita tampil di halaman pertama Google.

SEO tentunya memiliki banyak faktor, dari domain hingga konten. Tetapi sekarang ini banyak menimbulkan banyak kebingungan adalah, pentingkah artikel untuk SEO? Yuk kita coba ulas bersama.

Artikel dalam website merupakan faktor umum. Hampir setiap website memiliki fitur untuk artikel/blog. Tetapi seringkali fitur ini terabaikan. Alasannya pun berbagai macam, dari mulai tidak sempat atau kurang ide.

Memang membuat artikel menjadi hal yang susah-susah gampang, hal ini karena diperlukan ide kreatif dalam merangkai kata atau menyampaikan informasi. Tetapi seperti yang sudah sering kita dengar, membuat artikel untuk SEO bahkan lebih sulit lagi, karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu: keyword density, judul dan konten itu sendiri. Entah bagaimana kita harus memenuhi segala faktor tersebut tetapi juga menyanyikan konten yang menarik untuk pembaca.

Keyword density menjadi perhatian utama. Hal ini karena masih banyak yang percaya bahwa untuk mendapatkan sebuah artikel SEO yang menarik, ketebalan kata kunci (keyword density) terhadap artikel sangat perlu untuk diperhatikan. Umumnya keyword density berkisar 2% – 4% dari target kata kunci sebuah artikel.

Contohnya, jika Anda menargetkan kata kunci: Tips memilih jasa SEO. Ini berarti jumlah kalimat tersebut harus ada sekitar 2% – 4% dari jumlah kata dalam artikel Anda. Jumlah pasti setiap kata kunci dalam setiap artikelpun bervariasi, bergantung pada seberapa banyak kata yang Anda tuliskan dalam artikel tersebut.

Namun, banyak para pakar SEO yang saat ini mulai meninggalkan teknik ini dikarenakan belum lama ini Google secara resmi mengumumkan bahwa Content is a King. Ini berarti konten berkualitas akan lebih cepat naik pada mesin pencari ketimbang konten yang mengandung keyword density yang sempurna. Hal ini dikarenakan Google ingin memaksimalkan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya. Jadi website dengan topik yang sama walaupun dengan teknik SEO yang lebih matang, bisa jadi akan kalah dengan website dengan konten lebih relevan dan berguna bagi para pengguna Google.

Memang seringkali artikel dengan keyword density menjadi kurang enak untuk dibaca dikarenakan “keharusan” untuk mengoptimalkan jumlah ketebalan kata kunci pada setiap artikel. Mungkin ini menjadi salah satu faktor penentu bahwa konten situs tersebut berguna atau tidak.

Hal ini menandakan bahwa kita harus membuat konten yang bagus, menarik dan sedikit “keluar” dari pola pikir dan pemahaman lama kita tentang SEO.

Lalu kita kembali ke topik awal. Masih pentingkah artikel untuk SEO? Jawabannya adalah YA!
Alasan utama artikel menjadi penting untuk SEO adalah bukan karena faktor-faktor SEO dalam penulisan artikel tadi, tetapi lebih karena update untuk website kita. Karena setiap hari Google Robot akan selalu membaca situs kita dan memeriksa apakah ada pembaharuan di dalam website kita.

Dengan rutinnya pembaharuan, hal ini menandakan website kita terurus dan memang relevan.
Tetapi selain itu kita juga harus memastikan artikel yang kita post ke dalam website kita, walaupun tidak sesuai dengan pakem SEO yang selama ini kita ketahui, haruslah relevan dan menarik. Relevan disini berarti relevan dengan topik dalam website kita. Jika kita mempunyai website memasak, janganlah membuat artikel tentang otomotif hanya untuk mengisi update dalam situs Anda. Lagi pula ini akan menjadi hal yang konyol.

Jangan lupa untuk memeriksa tanda baca dan sebagainya agar artikel Anda terlihat lebih profesional.
Dengan rutinnya mempebarui artikel di dalam website Anda dan juga mengisinya dengan konten yang relevan, dapat dipastikan perlahan tapi pasti, website Anda akan mengarah ke halaman pertama Google.

Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments